Tanya Jawab Penting Dalam Kehidupan Seorang Muslim (Bagian 2)

Assalamu'alaikum!

Sebagaimana janji saya pada postingan sebelumnya , sekarang saya ingin melanjutkan postingan saya sebelumnya yaitu tentang Tanya Jawab Penting Dalam Kehidupan Seorang Muslim (Bagian 2) Oke Langsung saja :

4. Apakah syarat diterimanya amal shaleh? Syarat diterimanya amal shaleh ialah:
1) Beriman kepada Allah dan mentauhidkan-Nya. Amalan orang yang berbuat syirik tidak akan diterima.
2) Ikhlas, Yakni bahwa amalan shaleh tersebut dilakukan semata-mata karena mengharapkan ridha Allah.
3) Mengikuti tuntunan Nabi Muhammad dalam amalan itu, dengan cara mengerjakan sesuai dengan apa yang Rasulullah ajarkan. Sehingga Allah tidak diibadahi kecuali dengan apa yang diajarkan oleh beliau (Rasulullah). Jika salah satu dari syarat-syarat tidak terpenuhi, maka amalan akan tertolak. Allah berfirman:
"Dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan" (QS. Al-Furqan: 23)

5. Ada berapa tingkatan Agama Islam? Tingkatan Agama Islam ada 3 yaitu Islam, Iman dan Ihsan.

6. Apakah arti Islam, dan ada berapa rukunnya? Islam artinya berserah diri kepada Allah dengan tauhid, tunduk kepada-Nya dengan ketaatan, dan berlepas diri dari syirik dan pelakunya. Rukunnya ada 5, Nabi bersabda :
"Islam itu didirikan diatas 5 perkara, yaitu bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang haq kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, menunaikan shalat, membayar zakat, melaksanakan haji dan berpuasa di Bulan Ramadhan". (Muttafaq 'Alaihi)

7. Apakah arti iman itu dan ada berapa rukunnya? Iman artinya keyakinan hati, ucapan lisan, dan amalan anggota badan. Bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan. Allah berfirman :
"Supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada)" (QS. Al-Fath: 4).
Rasulullah saw bersabda:
"Iman itu ada tujuh puluhan cabang. Cabang yang tertinggi adalah ucapan "Laailaaha illallah" (tidak ada tuhan yang haq kecuali Allah) dan yang paling rendah adalah menjauhkan gangguan dari jalan. Rasa malu adalah salah satu cabang dari keimanan" (HR. Muslim)
Ini diperkuat oleh apa yg dirasakan seorang muslim dalam dirinya berupa sikap semangat dalam ketaatan tatkala berada pada musim-musim kebaikan, dan rasa malas pada musim-musim tersebut ketika melakukan kemaksiatan. "Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk." (QS. Hud: 114)
Adapun rukunnya ada 6. Nabi menyebutkannya dalam sabda beliau:
"Yaitu agar engkau beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, Hari Kiamat, dan kepada takdir baik maupun buruknya" (HR. Bukhari).

8. Apa makna (Laa ilaaha illallah) ? Maknanya yaitu meniadakan hak ibadah bagi selain Allah, dan menetapkannya hanya untuk Allah yang Maha Esa semata.

9. Apakah Allah 'Azza wa Jalla bersama kita? Ya benar, Allah Azza wa Jalla bersama kita dengan pengetahuan, pendengaran, penglihatan, penjagaan, peliputan, kekuasaan dan kehendak-Nya. Adapun Dzat-Nya tidak bercampur dengan dzat makhluk dan tidak ada satu makhluk yang bisa meliputi-Nya.

Demikianlah tadi tentang beberapa Tanya Jawab Penting Dalam Kehidupan Seorang Muslim...
Wassalamu'alaikum! :)

SHARE

Muhammad Syarif Hidayatullah

Hi. I’m Designer of M Syarif Hidayatullah Blog. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. kunjungan siang sob.izin nyimak,,..

    BalasHapus
  2. ZonaPonsel MyWapBlog2 November 2013 pukul 13.26

    Ilmu bermanfaat gan.. sip..

    BalasHapus
  3. Muhammad syarif hidayatullah3 November 2013 pukul 17.23

    Makasih sob sudah berkunjung! :)

    BalasHapus