Tanya Jawab Penting Dalam Kehidupan Seorang Muslim

islam-cerdas.jpg
pemuda-islam-cartoon.jpg

Assalamu'alaikum sob!

Pada kesempatan kali ini saya akan memosting tentang Tanya Jawab Penting Dalam Kehidupan Seorang Muslim . Sebelumnya saya ingin berterima kasih dulu kepada teman saya yang bernama Desi Rahayu Lestari yang telah berjasa memberikan sebuah buku yang kemudian menjadi sumber postingan untuk saya pada kesempatan kali ini.

Sebagai seorang muslim kita wajib tahu tentang beberapa pertanyaan berikut ini:

1. Dari manakah seorang muslim mengambil aqidahnya? Seorang muslim mengambil aqidahnya dari Kitabullah (Al-Qur'an) dan Sunnah Nabi (Hadist) yang shahih yang beliau tidak berbicara menurut kemauan hawa nafsunya.
"Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)" (Q.S An-Najm: 3)

2. Apabila kita berselisih faham, apa yang menjadi rujukan kita? Kita merujuk kepada syariat yang lurus, dan ketentuannya dalam hal ini adalah kembali kepada

Kitabullah (Al-Qur'an) dan Sunnah rasul-Nya (Hadist) , Allah berfirman dalam surat An-Nisa ayat 59:
"Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Quran) dan Rasul (Sunnahnya)"
">

3. Siapakah Firqah Najiyah (golongan yang selamat) pada hari kiamat nanti? Rasulullah bersabda:
"Umatku akan terpecah menjadi 73 golongan, semuanya masuk neraka kecuali 1 golongan". Para sahabat bertanya: "Siapakah golongan itu wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Yaitu golongan yg berpegang teguh dengan apa yang aku dan sahabatku berpegang kepadanya" (HR. Ahmad).
Jadi kebenaran itu adalah yang dipegang teguh oleh Nabi Muhammad dan para sahabatnya.

Sebenarnya ini belum selesai, tapi berhubung waktunya sudah menjelang maghrib maka akan dilanjutkan pada postingan berikutnya...

Wassalamualaikum! :)

SHARE

Muhammad Syarif Hidayatullah

Hi. I’m Designer of M Syarif Hidayatullah Blog. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. Hadir sobat.. maaf gak bisa lama2 harus blogwalking dulu Jika berkenang kunbalnya yah



    :arrow: http://www.dhani-blog.com/jual-bot-fb-permanent-20k.xhtml

    BalasHapus
  2. Muhammad syarif hidayatullah29 Oktober 2013 pukul 17.59

    @dhani setiaji,
    Oke sob.. :)

    BalasHapus
  3. Post yg Bermanfaat sob.

    BalasHapus
  4. Nama saya mira ibu umah tangga mempunyao suami yg kerja di lain kabupaten,yang saya tanyakan...suami saya pengawai yg gajinya hampit habis untuk bayar cicilan hutang untuk buat rumah kami dl.yang ingin saya tanyakan
    Bagaimana hukumnya bagi suami yg kadang ada rezki lain tp tidak mau membagi dengan keluarganya (untuk mkn fan hidup anak istrinya) alasannya "buat saya saja kurang,buat ongkos sata saja kurang gmna mau kasih istri anak mkn...sementara sering saya lihat ada yang di dompetnya..setiap diminta dan ditanya buat ongkos dia untuk beberapa hari...
    Saya selalu bilang kalau niat kita untuk nafkah keluarga insyallah digantikan dimudahkan allah buat ongkosmu..tp dia gak percaya itu..rezky allah kasig ya buat ongkosnya kerja.ini yang buat saya sedih...sementara buat makan saya kadang sampai meminjam atau cari uang tambahan.
    Bagaimana hukum islam dalam hal suami yg begini.
    Mohon dijawab dijelaskan...apakah saya yg kurang paham dalam semua ini apa suami saya yg tidak paham

    BalasHapus