Alasan Kenapa Pluto Tidak Disebut Sebagai Planet dalam Tata Surya

Alasan Kenapa Pluto Tidak Disebut Sebagai Planet dalam Tata Surya
Assalamu'alaikum Wr. Wb Apa kabar sahabat? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal alfiat ya :). Selamat datang dan berjumpa kembali di situs M Syarif Hidayatullah Blog semoga tidak bosan-bosan ya untuk terus belajar mencari ilmu pengetahuan supaya semakin cerdas dan berwawasan. Terkait dengan artikel sebelumnya Susunan Planet Dalam Tata Surya yang terdiri dari 8 planet saja (tanpa Pluto) dan juga komentar dari salah seorang pengunjung blog ini yang mempertanyakan kepada Admin perihal tidak adanya pluto dalam daftar planet. Maka kali ini Admin akan memberikan Alasan Kenapa Pluto Tidak Disebut Sebagai Planet dalam Tata Surya sehingga tidak masuk dalam daftar. Oke langsung saja berikut keterangan tentang Alasan Kenapa Pluto Tidak Disebut Sebagai Planet dalam Tata Surya


1. Pluto terdiri atas Batu dan EsBenda angkasa disebut sebagai Planet bila memiliki bagian seperti Bumi yaitu gas, batu, dan air. Sedangkan Pluto hanya terdiri atas Batu dan Es.


2. Ukuran Pluto yg hanya berukuran 1.151 km tidak sampai setengah dari diameter merkurius yang merupakan planet yg sangat kecil dalam Tata Surya.

Perbandingan Planet Merkurius dengan Pluto
Kenapa Pluto dikeluarkan dari 9 planet tatasurya

3. Orbit Pluto yang kadang Timpang Tindih dengan orbit Planet Neptunus

4. Pluto berukuran hampir sama dengan satelit-satelitnya yang membuat Pluto hanya dianggap sebagai benda langit dan bukan disebut Planet
Pluto dengan satelit-satelitnya

Mengapa Pluto tidak ada dalam daftar planet di buku pelajaran tata surya

Nah jadi itulah kawan alasan kenapa Pluto tidak disebut sebagai planet dalam tata surya kita. Perlu diketahui juga hal ini ditetapkan setelah ribuan ilmuwan berkumpul pada tanggal 24 Agustus 2006 di Praha, Ceko. Para Astronom IAU (International Astronomical Union) sepakat bahwa Pluto Berstatus Bukan Planet lagi. Sehingga pada 7 september 2006 MPC (Minor Planet Center) memberi nama pluto dengan Nomor saja yaitu 134340. Dan ditetapkan pula status baru untuk benda langit terujung susunan planet di Galaksi Bima Sakti ini dengan sebutan Planet Kerdil. Sejak tanggal tersebut melalui pertemuan puncak International Astronomical Union (IAU) yang ke-26 Pluto tidak masuk dalam kategori planet pada tata surya kita. IAU menegaskan kembali definisi baru tentang sebuah planet yang akhirnya mengeluarkan Pluto dari kelompok planet. Dengan demikian saat ini terdapat 8 Planet di tata surya kita. Dan keluarga tata surya dikelompokkan menjadi tiga yang terdiri dari :
1. Delapan Planet utama (merkurius sampai neptunus)
2. Planet Kerdil (Dwarf Planet), dan
3. Benda kecil Tata Surya lain seperti, Komet, Asteroid, dan benda kecil lainnya yang jumlahnya sangat banyak. Selain Pluto, ada beberapa benda langit lain yang akhirnya juga ditetapkan berstatus sama dengan Pluto sebagai planet kerdil yaitu Charon, Xena, dan Ceres. Planet kerdil walaupun mengandung nama “planet” tetapi tetap bukan planet, sama halnya dengan penamaan asteroid sebagai planet minor. Planet kerdil didefinisikan sebagai berikut :
1. Benda langit yang mengorbit kepada matahari
2. Mempunyai massa yang cukup sebagai sumber gaya gravitasi untuk mengatasi gaya-gaya luar lainnya. Sehingga dengan kesetimbangan hidrostatik mempunyai bentuk hampir bulat
3. Belum menyingkirkan objek-objek lain di sekitar orbitnya
4. Bukan merupakan satelit.

Nah jadi itulah sobat Alasan Kenapa Pluto Tidak Disebut Sebagai Planet dalam Tata Surya. Semoga bermanfaat! :)


Keyword :
Alasan kenapa Pluto tidak disebut sebagai Planet dalam tata surya, Alasan Pluto tidak masuk kategori Planet, mengapa pluto bukan planet, Sejak kapan Pluto bukan Planet, Apa sebutan Pluto saat ini, Planet dalam Tata Surya, Status Pluto saat ini, Pluto bukan planet, mengapa?, pluto tidak termasuk planet, kenapa pluto tidak dianggap planet, mengapa pluto tidak dianggap planet, mengapa pluto tidak dianggap sebagai planet.

SHARE

Muhammad Syarif Hidayatullah

Hi. I’m Designer of M Syarif Hidayatullah Blog. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

11 komentar:

  1. Muhammad Syarif Hidayatullah30 Juli 2015 pukul 16.21

    Alasan Kenapa Pluto Tidak Disebut Sebagai Planet dalam Tata Surya | http://msarief.faa.im/alasan-kenapa-pluto-tidak-disebut-sebaga.xhtml

    BalasHapus
  2. Iqballabuan Androiders and Movie30 Juli 2015 pukul 21.54

    hadir gan. oh gtu yh. ilmu nih

    oh ya mampir lg to blog ane. ada film Salo, or the 120 Day of Sodom + subtitle indonesia.

    BalasHapus
  3. kasihan ya pluto dibilang planet kerdil...he he he he tapi saya pernah baca sob ukuran planet pluto masih jadi perdebatan dan menurut penelitian terbaru ternyata ukuran pluto lebih besar dari ukuran sebelumnya

    BalasHapus
  4. Muhammad Syarif Hidayatullah31 Juli 2015 pukul 07.34

    @Iqballabuan Androiders and Movie,
    Oke sob! thanks udah berkunjung :)


    http://msarief.faa.im/alasan-kenapa-pluto-tidak-disebut-sebaga.xhtml

    BalasHapus
  5. Muhammad Syarif Hidayatullah31 Juli 2015 pukul 07.48

    @Hermansyah,
    Hehe iya sob. Oh jadi begitu sob, saya juga udah baca perihal hal tersebut. Mudah-mudahan cepet selesai perdebatannya. Thanks atas kunjungannya! :)


    http://msarief.faa.im/alasan-kenapa-pluto-tidak-disebut-sebaga.xhtml

    BalasHapus
  6. kalau ukurannya hampir sama dengan satelitnya jadi wajar saja kalau pluto tidak disebut planet

    BalasHapus
  7. mungkin singkatan untuk semua pelanet di waktu sd dulu sekarang tinggal kenangan :'(
    #Rif_MEPEBUMAYUSAURNEPLU

    BalasHapus
  8. Oooh itu ya yg menyrbabkan pluto tidak dianggap sebagai planet dlm tata surya,nice post :lol:

    BalasHapus
  9. M.adityapratamaputra7 September 2016 pukul 18.17

    Begitu jadi tau nih ku kira pluto ternasuk planet lo wkwkw

    BalasHapus
  10. "Benda angkasa disebut sebagai Planet bila memiliki bagian seperti Bumi yaitu gas, batu, dan air", ini benar- benar SALAH KAPRAH !. Kalau gitu, Mars tidak bisa disebut dengan planet donk !, mana ada air disana !?????

    BalasHapus
  11. Muhammad Syarif Hidayatullah19 September 2016 pukul 20.45

    @William Ardinata,
    Ada, coba lebih rajin lagi membaca perihal temuan terbaru planet mars. Please, don't speaking about it if without based by current knowlegde brother.
    Thx atas masukannya! ^^

    BalasHapus